Ba+K+SO4, hanya itu Reaksi Kimia yg saya kenal….

(Guru-Guru Hebat – 2)

 

 

Sejak kelas 1 SMA, pelajaran KIMIA adalah momok bagi saya.. Sepertinya Lebih medeni ketemu jadwal pelajaran KIMIA daripada ketemu sama gendruwo, walopun seumur2 saya baru pernah ketemu Gendruwo sekali doang..

Itu semua sebenarnya juga kesalahan saya sendiri sih.. gara2 pas semester 1 sok jago, mbolos 2x pelajaran Kimia nya bu Poni Astuti.. Dan Akhirnya, wassalaaaaam.. Ngga bisa ngejar dan ngga pernah ‘mudheng’ pelajaran selanjutnya.. Selalu saja ketinggalan rangkaian kereta api KIMIA saya..dan akhirnya, saya jadi males ngejar si KIMIA itu..

Akibatnya, walopun ber-ganti2 guru, saya tetap wis males sik dan selalu ketinggalan klo pelajaran KIMIA.. Ngga hanya KIMIA-nya bu Poni, lha wong bu Murjimah, bu Sukrisnowati juga gitu, KIMIA-nya pak pandi apalagi.. Opo maneh KIMIA versi pak Muji Rahardjo.. Ambyaaaaaaar….!!!!

Tapi Alhamdulillah, rasa-rasanya, bapak-ibu guru KIMIA itu sepertinya berpikir yang sama khusus buat saya, “apalah arti sebuah NILAI..”, dan sepertinya juga, mereka tidak pengin mematikan karir siswa hanya karena ngga bisa KIMIA doang.. Ya tapi pelajaran yg lain2nya harus bagus lho yes.. Dan sweer, saya sangat meyakini, hanya karena kebaikan bapak-ibu guru KIMIA  SMA 1 lah, maka di raport saya belum pernah ada sekalipun nilai warna merah untuk mata pelajaran KIMIA…

Tapi jangan tanya Klo di EBTANAS.. dengan jelas dan tegaaaass saya sampaikan..!!! Nilai KIMIA saya  4,25… Hehehe.. Sbab sudah tdk ada ‘faktor penolong’ dan belas kasihan di NEM itu.. Hadheeeewwww..!!!  But temen2 jangan apreori dulu yes.. walopun kimia ambyar.. Total NEM saya Masih 51,2.. Hehehe.. I am Sorry yess.. So rata2nya masih 8 koma..

Kembali ke pelajaran KIMIA yes….

“KIMIA, Ibu Poni Astuti”,

Ibu Poni Astuti
“Saat berobat di kliniknya Mbak Dwiyanti..”

Bu Poni emang guru yg huebat, utamanya buat saya.. beliau kelewat baik menjaga perasaan saya sebagai muridnya yg ngga paham KIMIA, biasanya, walopun nilai ulangan saya angka 3 sekalipun, beliau tidak pernah membacakannya depan kelas seperti halnya nilai2 teman yg lain..

Di era Bu poni, akhirnya saya slamet, karena kebetulan saya emang kenal baik sama putra beliau, dan mungkin itu menjadi salah satu penyebab bu Poni ‘Kasihan padaku’.. Trus  beliau ngga tega mengotori raport saya dengan tinta merahnya… Klo ilmunya, babar blass ngga nyanthol saya.. Hadheeeeewww.. Paraaah tenan jebulnya saya itu..

Bu Poni.. Apapun hasilnya terhadap saya, Terimakasih atas semua yg telah ibu berikan pada saya, serta mohon maaf yg sebesar2nya saya haturkan.. Atas kenakalan serta kebodohan saya waktu sekolah dulu.. serta terimakasih tak terhingga atas nilai 6 dan 7-nya, sehingga Itya, teman putri sekelas yg sekarang menjadi istri saya, ngga tau klo saya gagap KIMIA pada waktu itu.. Hihi..

Terakhir saya denger dari mbak Dwiyati, ibu Poni lututnya gerah yaa buu…?? Saya hanya bisa berdo’a: “Ya Allah, mohon berikanlah kesembuhan pada Bu Poni.. Dan limpahkanlah rahmatMU serta HidayahMU pada orang besar yg telah membesarkan saya ini.. Beliau salah satu Guru terbaik saya Ya Allah, yang telah dengan ikhlas memberikan masa depan buat saya.. Amiiiin”

 

“KIMIA, Ibu Murjimah”,

Ibu Murjimah
“Wajah keibuan yang selalu saya ingat”

 

Klo di KIMIA-nya bu Murjimah, mungkin karena udah capek ngliat saya berisik di kelas.. maka setiap saya ijin pipis, selalu beliau Acc..  Tapi emang keterlaluan sih saya dulu itu, Lha  mosok, asal bu murjimah baru duduk di meja guru, saya langsung ke depan ijin pipis… Masuk2 lagi klo udah mau bel akhir pelajaran..

Aslinya, saya yakin bu Murjimah tau persis klo saya cuman ngopi di warung bu Timin, wong dua kali saya ketemu beliau di warung pas bu Murjimah beli lauk.. Tapi bu Murjimah juga ngga marah tuh saat itu, mungkin beliau berpikir, “wis percumah ngandhani onny iki..”

Klo dari bu Murjimah, tidak sedikitpun ilmu KIMIA yg saya dapatkan, tapi sebagai ibu.. Cara Bu Murjimah menyayangi putranya yg kecil dan ganteng kala itu telah menimbulkan rasa hormat saya yg mendalam pada sosok IBU..

 

“KIMIA-nya, IBu Kris”,

Ibu Kris
” Bu Kris yang selalu tampil rapi dan ayu diantara murid dan teman-teman beliau”

Lain lagi dengan Bu Sukrisnowati ini, sampai sekarang saya tetep belum paham, kenapa waktu itu, bu guru cantik ini menaruh simpati ke saya.. Wis ngga pernah marahin saya walopun ngga iso njawab pertanyaan beliau di kelas.. Dan bahkan tetep ngga marah walopun saya ngga ngumpulin PR dari beliau..

Oh yaa.. Mungkin juga karena saya selalu mengagumi Volvo mungil pak dokter suaminya yg selalu mengantar dan menjemput bu kris ke sekolahan.. Tapi mosok iyo karena itu yaa??

Atau mungkin beliau udah denger2 tentang kelakuan dan kebodohan saya dari bu Poni dan bu Murjimah kali yaa??. Sehingga Beberapa kali beliau ingatkan saya,”Ojo lali sinau lho On.. Dan suk kuliah, jangan ambil teknik kimia..”. Nasehat yg bijak, dan pasti saya laksanakan..wong pancen ngga mungkin saya bisa ke sana… Hihi

Tapi yg jelas, Bu Kris guru yg kelewat baik buat saya.. Beliau bukan type guru yg ‘mendewakan’ ilmunya, sehingga beliau tidak memaksakan saya untuk harus menguasai KIMIA-nya.. Beliau tau persis bahwa saya tidak suka dan tidak mampu untuk menguasainya, tapi tidak juga dengan serta merta memberikan nilai merah di raport saya..

Terimakasih iBu Sukrisnowati, saya rasa ibu tidak perlu resah.. Karena sangking baiknya ibu, dan sangking sayangnya Allah pada ibu.. BELIAU memanggil ibu cepat2, Biar bisa berkumpul Segera dengan Guru2 Hebat yg lain, seperti halnya Pak Solichin guru agama kala itu..

 

“Pak Muji Rahardjo, Guru KIMIA”,

Bapak Muji Rahardjo
“Pak Muji, selalu melepas senyum yang menyejukkan”

Kini giliran pak Muji, guru KIMIA favorit saya.. Kenapa favorit?? Karena beliaulah guru KIMIA yg tidak pernah mbahas KIMIA klo sama saya.. Hehe bingung kan.. Sebenarnya mungkin ada puluhan kisah saya dengan beliau..dan ngga akan habis kisah2nya walo udah dibikin  10 judul tulisan.. Tapi yang jelas, bukan pak Muji Raharjo klo ngga usil..

Pada suatu pagi, sambil melangkah masuk kelas, beliau langsung teriak, “On.. Coba kamu rangkaikan reaksi kimia ini jadi opo?? Tulis..!! Ba+K+SO4..jangan nyontek yaa!! Yang lainnya jangan bantu Onny.. Kita bahas hal yg lain aja..”

Busyeet, maksudnya apa ya pak Muji ini, mosok saya yg disuruh ngotak atik soal kimia.. Padahal Budianto Juara umum SMA 1 ada, chasri idam siswa terpandai yg terkecil di kelas saya..ada, Serra Akbar juara III.. Ada… Opooo maneeeeh iki…????

Lucunya, saya yg ‘ra-mudheng’ disuruh kerjo, duduk di pojokan belakang kelas sambil mikir ‘teka-teki’ reaksi kimia “Ba+K+SO4 dadi opo??”.. Sementara murid2 yg lain tetep mengikuti pelajaran kimia biasa ama pak muji.. Teloooo, opo maksude pak Muji iki?? Bayangin, hampir 2×45 menit saya otak-atik soal dari pak Muji tanpa hasil… Buingung pooool saya…

Menjelang usai jam ke 2 mata pelajaran KIMIA, pak muji nanya dari depan kelas,”On..udah ketemu jawabannya apa belum??”.. Saya jawab,”Belum Pak.. Sik ngeluuu..”. Lalu Pak muji muter balik menghadap papan tulis, mengambil kapur tulis, trus mulis gedhe-gedhe di papan: “Ba+K+SO4= Rp 2000”

“Kan Bakso Papat Rp 2000 On..Gitu aja ngga bisa On..On”, ledek pak muji.. Dan meledaklah tawa temen2 sekelas… Aseeeem, isiiin saya…

Lalu beliau menerangkan ke kelas, bahwa dia udah nemu metode..Next klo pelajaran KIMIA, Onny dikasih tugas aja.. Daripada ngga ngerti apa2 tapi ngganggu lainnya.. “Wis ngga ngerti opo2, tapi ribuuuut terus nang mburi”, demikian eja pak Muji sambil senyam senyum.. Aseeeeeem.. Aseeeem, rupanya teka-teki kwi dibikin cuman biar saya diem.. Teloooooooo tenaaaaaaan…..

Tapi karena Pak Muji Rahardjo lah saya yg dulu sangat takut dan benci KIMIA, sedikit demi sedikit menjadi tidak takut dan berubah menjadi Mencintainya.. Walau tetap tidak bisa memahaminya…

Tapi ngga papa, toh kata pak Muji, “ada koq syair lagu Rinto Harahap yg bunyinya gitu, ‘Cinta itu tidak harus selalu memahami’..” Wkwkwwkwkwkwkwwk… Telooo.. Aneh2 pak muji itu..

Saat gurunya Pak Muji inilah di Raport saya pernah tertulis nilai 8 untuk mata pelajaran KIMIA.. Dan saat itu, ketika saya hendak cium tangan beliau karena kegirangan, beliau menolak sambil nggloyor pergi dan berkata,”rasah cium tangan segala.. Nggriseni..Lha Koq mung cuman nilai 8, saya tulis 10 pun kamu tetep bodho koq..”

Hadheeeeeeeeewwwww isiiiin akuuu….!!

Tapi pak Muji, “Saya sangat2 yakin seyakin-yakinnya, Allah telah membuat skenario terbaikNya untukmu… ‘Syahiiid’ saat menjalankan tugas.. Saya iri pak..”

 

“Mr. Supandi, GODFATHER KIMIA”,

Bapak Fandi god father kimia
“Senyum khas ‘The God Father’ KIMIA…”

Ada lagi, ngga kalah Parah ini, KIMIA Jamane Pak pandi….. hadeeewww.. Saya selalu jadi bulan-bulanan beliau klo di kelas, nganti ngelu aku.. Tapi aku pantang menyerah.. Mosok koncone Agung putra beliau akan tega dikasih meraah, batin atiku waktu itu…

Lha piye ngga ngeluu coba, juara umum kelas 2 waktu itu klo ngga salah Budianto..pas  ulangan KIMIA Pak Pandi nilai nya hanya 7,5.. Lha koq pak Pandi dengan lantang mengumumkan, “nilai tertinggi ulangan kali ini diraih olen Onny.. Dengan nilai SEPULUUUH…!!!!”

Waaa.. Lha langsung gempar sak kelas..bingung semua, mosok iyo saya iso biji sepuluh???!!! Dan saya sendiri juga bingung, lhah perasaan saya dari 20 soal, sepertinya saya cuman bisa njawab 2 biji jee.. Trus sisanya, jangankan jawabannya, soalnya aja saya ngga kenal jee……

Serra Akbar, temen saya terpandai ke-3 sekelas waktu itu protes dan menanyakan ke pak Pandi,”mosok onny 10 tho pak?? Wong PR nya aja selalu nyonto punya saya koq..!!!”. Tapi Aneh juga, Pak pandi koq tenang saja menghadapi riuh rendah protes anak-anak kelas 2.A.1.1..

Masih dengan senyam senyum beliau lanjutkan kalimatnya, berusaha meyakinkan anak2, “Jangan pernah memandang rendah teman sekelas kalian yaaa.. Saya ini Guru senior, tidak sembarangan memberikan nilai… Dan saya masih sadar sesadar-sadarnya, bahwa angka SEPULUH itu terdiri dari angka ‘1’ dan angka ‘0’..di mana angka ‘1’ berdiri persis di depan angka ‘0’..!!”

Teman2 tetep saja pada pendiriannya, pokoknya ngotot ngga percaya klo saya dapat nilai 10.. Lalu pak pandi membuka tas nya, mengambil kertas ulangan saya, sambil berkata,” Lhooo.. Sebentar, ini koq SEPULUH nya onny agak lain yaa?? Koq angka ‘1’ nya koq ngga di depan ‘0’, lha ini koq malah di dalam angka ‘0’ siih!!!”

Hadhuuuuuuuuuuh… Isiiiin aku.. Jebul mung entuk biji ‘SIJIIII’…..!!!

 

Tapi Apapun itu, saya sangat meyakini.. Hanya karena bapak-ibu Guru semualah saya menjadi seperti sekarang ini… Dan karena itulah saya akan selalu berusaha semaksimal mungkin berbuat baik.. Harapan saya, kelak diberikan kesempatan oleh Nya untuk bisa mampir ke Surga, ketemu dengan Pak Muji Raharjo, Pak sholichin, Pak Pandi, Bu Sukrisnowati serta guru2 saya yg lain.. Biar saya bisa ucapkan terima kasih sekaligus mohon maaf atas kenakalan saya semasa sekolah.. Amiiin

 

19 thoughts on “Ba+K+SO4, hanya itu Reaksi Kimia yg saya kenal….

  • September 29, 2014 at 6:33 am
    Permalink

    Wkwkwk persis plek Karo aku pak kaji, biji kimia ku
    yo ga pernah kebakaran, kecuali di NEM, mergo aku
    Les Karo guru ne, tapi selalu merasa bersyukur yess
    Coba kalau biji kimia ku apik, malah ora iso Dadi
    Pulisi..,, hehehe malah Dadi guru kimia, maturnuwun
    Pak ONG guru kimia SMA ku hehehe

    Reply
  • September 29, 2014 at 6:37 am
    Permalink

    Sami mawon….babarblasssss kimia..

    Reply
  • September 29, 2014 at 7:57 am
    Permalink

    Hehehe…saya jadi terkenang-kenang sama guru kimia kita om, kebetulan saya dulu suka sama kimia bahkan mau ngambil Teknik Kimia karena kebetulan Kimia saya agak bagus, tp malah terdampar di jurusan lain yang ga ada sama sekali Kimianya. Bu Kris, Bu Poni, Bu Murdjimah, Pak Pandi apalagi sm Pak Mudji wong anaknya temen sekelas hehehe…The Good Old Days…

    Reply
  • September 29, 2014 at 8:01 am
    Permalink

    Ji…
    Matur nuwun… nggarahi kelingan kabeh guru2 hebat kuwi.
    Berarti nasibku ijih rodo apik sithik. Dari seluruh mata pelajaran kimia yg memenuhi rooster mingguan di SMA1, nilai Kimia Organik dr Pak Pandi ijih entuk 8 po 9..
    Soale pelajarane koyok puzzle: othak athik bentuk kimia segi enam….
    Kimia yg lain… bablas. Pokoke iso lulus juga sudah baik buat saya…

    Nah, saya menunggu episode berikutnya mengenai Guru Hebat: Ilmu Proyeksi (Pak Pono, ?).
    Kalau dijelaskan beliau oaham, kalau ulangan mboh kenopo pasti saya kok tidak bisa. Nasiiib…

    Salam hormat utk semua guru SMA 1.

    Reply
  • September 29, 2014 at 9:25 am
    Permalink

    Selalu menarik, tulisan ttg guru2 kita. Bikin kangen…Hayo..siapa yg masih ingat buku2 lawas yg suka dipakai oleh bu Poni utk referensi soal2 ulangan? Saya lupa babar blas….

    Reply
    • September 29, 2014 at 12:21 pm
      Permalink

      kalo ini asli.. masih kelingan.. aku beli di shopping.. buku POLLING

      Reply
  • September 29, 2014 at 9:27 am
    Permalink

    Kisah Mas Onny ini persis plek dengan yg tak alami waktu SMA, cuman beda mata pelajaran saja yaitu Matematika. Waktu itu guru matematika saya Bapak Kamidjono pernah berkata di awal mengajar waktu kami mengawali kelas dua, “bagi yg ndak mudheng pelajaran saya silakan tidak menyimak atau apapun..tapi tolong jangan ramai dan mengganggu teman2nya”. Alhasil saya yg memang benci mata pelajaran ini (munggah we katrolan) selama dua tahun tidak pernah sekalipun mengerjakan dan menyimak pelajaran beliau..percuma..diusahakan piye2 carane tetep ndak nyantol. Pernah beliau berkeliling kelas memeriksa soal2 yg sedang dikerjakan anak2 sambil berguman, “Dessy…yak bagus..hampir selesai..Natasha..yak..caranya sudah benar..Pamor…ora nggarap..Gatot..dst..dst”. Beliau ndak pernah memarahi saya dan nilai2 saya selalu mendapat minimal syarat agar naik saja.

    Sebelumnya ada Ibu Pur yg biarpun tidak sesimpatik Bapak Kamidjono tapi mau berbaik hati mengatrol nilai matematika saya agar saya mendapat nilai minimal 5 agar bisa naik ke kelas 2. Nila katrolan itupun bener2 hadiah karena saya menolak HER karena merasa tidak mampu mengerjakan dan akhirnya disuruh mengerjakan di rumah (akhirnya dikerjakan teman saya Hari Siswantoro dan Nur Endah) dan Ibu Pur pasti tahu soal HER itu bukan saya yg bikin jawabannya.

    Saya ndak bisa membayangkan apabila Bapak Kamidjono dan Bu Pur waktu itu bersikeras agar saya tetap ‘bisa matematika’ pasti stress berat sy selama di SMA. Mungkin bisa ndak naik dan itu pasti bencana besar karena angkatan saya waktu itu yg terakhir menganut sistem A1, A2, A3..bisa2 semakin gagap menjalani masa2 SMA..dan tentu saja menyusahkan orang tua.

    Akhirnya saya lulus dari SMA dengan nilai NEM matematika saya 2,4 tetapi dengan nilai bahasa Inggris tertinggi kedua di sekolah. Saya berbakat di pelajaran sosial..tapi tidak kalo pelajaran itung2an..dan karena termasuk ‘ditolong’ beliau2 itulah saya bisa sampai di kehidupan sy yg sekarang..

    Reply
    • November 8, 2014 at 7:31 pm
      Permalink

      Semoga dengan mengingat ingat nama serta jasa mereka, sudah Allah masukkan dalam katagori bersyukur dan mendoakan guru2 kita dik… Amiiiiin

      Reply
  • September 29, 2014 at 9:34 am
    Permalink

    tenang Pak Kaji sayapun sama gak mudeng sama pelajaran kimia, sampai nyontek di bawah meja eh ketauan guru masalah disuruh di atas meja tp tetap aja gak ketemu jg jawabannya…..mengapa ? krn soal saya dibedain sendiri & tidak ada di buku kimia nya…..apes tenan

    Reply
  • September 29, 2014 at 10:30 am
    Permalink

    Hahahaaa..Waktu itu dapat ‘comment’ dari mBak Itya nggak Pak Bozzz..Piiisss..

    Reply
  • September 29, 2014 at 1:45 pm
    Permalink

    Hehehe ternyata ada temennya .semoga ngk terjadi pada anak2. Hari ini pak supandi wafat. Semoga diberi tempat yg layak sesuai amal ibadaj beliau…….Aamiin YRA

    Reply
  • September 29, 2014 at 2:45 pm
    Permalink

    Menurut saya adalah jiwa besar yang telah dimiliki oleh para guru tersebut terhadap anak didiknya, dalam hal ini khususnya mas haji Onny. Selalu merepotkan membuat jengkel guru, namun para guru tidak marah justru memberi solusi kekreatifitasannya, itulah kelebihan haji Onny yg diberikan olehNya. Makanya tidak salah jika haji Onny, memuji habis pooool kepada guru guru tercintanya, tanpa bimbingan beliau beliau barangkali hasilnya akan lain pula. Hal itulah yang akhirnya menyadarkan kita, bahwa kita bisa menjadi seperti ini bukan karena kita bisa sendiri, klu kita mau intropeksi ke belakang sebentar saja pasti kita akan sadar bahwa ternyata banyak yg membantu, menolong, membimbing dan mengajari meski tanpa kita sadari. Oleh karena itu hormati gurumu sayangi teman, itulah tandanya kau murid budiman…..toooop yesss.

    Reply
  • September 30, 2014 at 12:02 pm
    Permalink

    Alhamdulillah…seneng moco tuliaanmu Ji
    Insya Allah bapak ibu guru almarhum khusnul khotimah

    Reply
  • October 1, 2014 at 7:23 am
    Permalink

    Subhanallaah,
    Sungguh sama – sama mulia antara guru dan murid ini
    Seperti hal nya dalam kimia,
    andaikan :
    Ilmu di yang diajarkan di sekolahan adalah larutan kimia (anggap saja asam kuat)
    Bapak Ibu guru adalah benda katalisator / bahan lain yang ikut dalam reaksi tersebut
    Dan murid yang belajar adalah benda yang direaksikan pada asam tersebut,
    Hasilnya akan lain – lain tergantung benda yang dicelupkan tersebut apa
    Serta tambahan bahan lain atau katalisator yang ikut dalam reaksi tersebut seperti apa.
    Dan bukan berarti kalau hasilnya tidak sesuai pakem seharus nya itu menjadi produk gagal atau salah.
    Suatu bahan yang dianggap produk gagal atau salah, ternyata di masa depan menjadi produk innovatif yang menjadi produk penting dalam kehidupan manusia.
    Karena selain ketiga bahan tadi masih ada campur tangan dari yang menuangkan jumlah (konsentrasi)nya.
    Walau out put hasil reaksi antara ilmu kimia antara :
    Ilmu Kimia + Bapak / Ibu Guru + Mas Onny tidak menghasilkan nilai rapot bagus,
    Tapi ternyata hasilnya adalah :
    Ilmu Kimia + Bapak / Ibu Guru + Mas Onny + Campur Tangan Alloh SWT menghasilkan Orang Besar seperti mas Onny saat ini.
    Minimal menghasilkan daya tarik dari siswi sekelas yang menjadi pendamping saat ini…
    He….he….he…. Sorry mas (aku yo ra patek pinter Kimia
    Ba + K + So4 = Rp. 2.000

    Reply
    • November 8, 2014 at 7:18 pm
      Permalink

      Hahahahahahahaahahahahahahahaaaaa…..
      Penjelasane dowo tur mbingungke yeessss…
      BTW, aniwe, Baswe… Kamsia dik…

      Salam

      Reply
  • October 2, 2014 at 7:48 pm
    Permalink

    Nangis darah saya baca tulisan njenengan om. Semenjak saya sekolah MAN dari pertama masuk sampai lulus masih berhutang budi dengan Ibu Muchlisoh, S.Pd yang membiayai SPP saya. Sampai akhirnya saya bisa hijrah ke malang buat kuliah juga karna saya bisa sekolah di MAN. Semenjak lulus MAN belum sempat ketemu, komunikasi mung iso nganggo surat, dan itupun hanya sekali saya kirimkan kabar ke beliau, dan ga beliau balas.

    Sewaktu masih kuliah dimalang, terdengar kabar bahwa beliau sudah dipanggil dzat yang maha agung. Belum sempat saya berbalas budi kepada Beliau yang saya anggap seperti emak saya. Semoga Doa saya terhantarkan untuk beliau yang sudah tiada. Amiin

    Reply
    • November 8, 2014 at 7:13 pm
      Permalink

      Amiiiiiin..
      Melu doain saya dik..
      Tapi ada bagusnya, klo Rasa terimakasih itu bisa dialihkan ke putra putri beliau, atau pada bapak ibu guru lain yes…

      Salam..

      Reply
  • October 5, 2014 at 10:20 am
    Permalink

    PELAJARAN DAR TULISAN INI: Saya agak tertatih-tatih membacanya karena beground yg silau hingga tulisan jd kurang jelas. Walau mata pedih tetap lanjut membaca <3

    Reply
  • November 7, 2014 at 9:46 pm
    Permalink

    He he he…..memang teeelllloooo tenan yaa mas….klo dikerjain sama orang….waktu 2X 45 menit….untuk mengerjakan Ba÷K+SO4….pasti merupakan waktu tunggu terlama yang pernah dirasakan oleh seorang Onny Hendro…….wkwkwk……

    Padahal klo misalnya panjenengan sedikit saja paham tentang ilmu kimia….maka panjenengan akan tahu bahwa reaksi antara Barium, Potassium, dan Sulfat spt yg diatas itu tidak akan mungkin terjadi karena terdapat dua kation dan hanya ada satu anion……..dan hanya akan menghasilkan BAKSO 4 = Rp 2000 ….qi qi qi…….

    Anyway…..bukan mas Onny namanya kalau nggak bisa ” menyulap ” kondisi yang serba “kekurangan” dalam bidang kimia ini …….menjadi kondisi yang kondusif atau paling tidak cukup aman lah….bagi nilai raport panjenengan dalam bidang kimia…….

    Hablumminnannas atau istilah londonya human relation ship dari panjenengan memang luar biasa…dan bahkan itu merupakan gawan bayen ….sudah ada semenjak panjenengan masih muda…Kemampuan melakukan dealing dan pendekatan ( lobby2 ) itulah yang panjenengan lakukan terhadap Guru2 kimia dan juga teman2 panjenengan….sehingga keterbatasan panjenengan dalam bidang kimia dapat tertutupi….

    Tentu saja hal tersebut masih ditambah dengan Jiwa Besar dan Welas Asih dari para Guru Kimia yang telah mendapat. ” cobaan ” dari seorang murid yang bernama Onny Hendro Adhiaksono…..wkwkwk….

    Tapi teennniiinnn lho mas…..sak umur umur aku sekolah….durung tau lho mas aku entuk biji 1 (SITOK)……wkwkwk…piye ya rasane……qiqiqi……

    Anyway….its always great to have number one (Sitok)…..he he he…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *