‘Sopirku, Sahabatku..dan Potret diriku..’ (bagian akhir)

Si jarman itu emang pasangan sinetron yg handal, dan selalu tanggap jika tiba2 aku ‘belok’ trus main sinetron..kadang dia malah tampil lebih meyakinkan, sehingga ‘penonton’ jadi tambah pusing.. Malah kapan itu Pernah jarman action yg diluar dugaan saya, dan saya pun sempat bingung sesaat.

Bgini kisahnya: saya lagi ketemuan dgn klien yg sangat sok tau dan sok kenal dengan siapa saja pejabat negri ini, padahal saya sangat yakin bahwa dia cuman ndobooss doang..

Mungkin jarman juga membaca situasi tersebut dan pengin membantu saya untuk segera mengakhiri meeting itu. lha koq tiba2 jarman angkat Hpnya, trus bilang,” Siaaap jendral.. Bisa jendral..” trus ngasih HP ke saya sambil bilang:”Pak PP pak..” dan dengan begonya aku terima dan jawab HP nya:” Siaap jendral.. Hallo.. Hallo..” (lho koq ngga ada suaranya..).

Sepersekian detik berikutnya saya tanggap.. Ini pasti skenario jarman untuk membantu saya dapat mengakhiri pertemuan dgn klien yg nyebahi ini..hehehe..jarmaaaaan.. Jarmaaaan..

Tapi ya itu, kalo pas si Jarman berhalangan hadir, trus saya nyopir sendiri..wis.. Mulailah kejadian2 seperti saya tulis di awal tulisan ini.. “Sering dikira Sopir..”. Mulai dari ngisi bensin, di parkiran, loby hotel, di masjid.. Bahkan di rumah.. Oke, saking banyaknya, aku critain beberapa contohnya aja yes.. Lha kalo’ semua ditulis..weeeh buanyaaak jee..

Di pompa bensin..
Sehabis isi bensin, kebanyakan trus ditanya: “mas, ini notanya ditulis berapa??”

Di masjid BNN..
Ketika melepas spatu mau sholat, sekelompok bapak2 melambaikan tangan dari sisi belakang masjid, ketika aku hampirin, salah satu dari mereka ada yg nanya: “bawa siapa mas? Dah gabung sini aja.. Masih lama koq pulangnya..”

Di Shangrila hotel..
Diusir satpam pas waktu ngantri mau valet di loby.. Satpamnya ngotot saya suruh pindah jalur sambil teriak,”oeee… Ambil kanaaaan..!!! Parkirin di bawah ajaa… Sok2an ngantri Valet sgala..”

Di rumah dinas Kapolri..
Pada masa Pak PP, seorang pengusaha medan, dengan bangga ngasih aku 100rb, sambil bilang, untuk beli rokok mas… Tapi pulangnya, bgitu ngerti aku bukan sekedar sopir.. Dan ternyata ‘mbahnya Sopir’.. Dia mbingungi segera minta maaf… Dan pada pertemuan berikutnya.. Dia kasih aku cincin berlian… Hihihihi… Nasiiiiiiiib..

Di rumah sendiri..
Ini kisah tragis yang paling memilukan..
Bayangin.. Lha kalo’ di mall aja saya sering pakai ‘costum sederhana’, apalagi kalo di rumah.. Lha yaa Saruuuuuuungaaan is the best lah.. Lha mungkin, beberapa saat sebelumnya tukang anter TIKI ini pernah nganter paket ke rumah dan ngliat saya sarungan sambil ngoprek mobil kali.. Lha koq sore itu, ngirim TIKI lagi ke rumahku.. yg nerima dik khusnul.. Lha koq bisa2nya nanya ama dik kusnul,”mas, sopirnya yang jenggotan masih kerja di sini???”
Lhah padahal di rumahku tuh ngga ada yg jenggotan kecuali aku…. Hiiiiiiks, di rumah sendiri aja masih ada yg menuduh bgituuuu..

Tapi saya inget buanget, dulu, waktu masih tugas di BNN, walopun sambil senyam-senyum, Pak Ris pernah nasehatin saya bgini,”bagong ngga usah sedih, biarkan orang salah sangka mengira bagong itu sopir.. Itu tandanya Allah sayang ama bagong, dan akan memberikan rejeki yg melimpah nantinya..” Alhamdulillaaaaah.. Insya Allah amiiiiiiin..

Pak Ris emang selalu menasehati aku untuk berpakaian yang rapi..kata beliau kalo pakai ‘costum sederhana’ aku memang mirip sopir… Nah beberapa saat yang lalu, saat beliau menjabat sbg direktur intelijen imigrasi saya pernah datang ke kantornya dengan pakaian sangat rapi… Batik krah syanghai… Beliau kaget dan berseru,” Naaaaah..ini rapiiiii… Jadi gitu boss, pakaian yang rapiii… Kalo sekarang udah mirip kaya’ sopir yg berpakaian rapi..” hiiiiiiiiiiiisssss$&@@??????

Yaaah, tapi emang susah menempatkan diri bagi orang2 yang ‘chasing-nya’ pas-pasan kayak saya, apalagi gemar pakai ‘costum sederhana’..

Lha gimana ngga susah, kalo pas naik mobil.. Nyetir sendiri dikira sopir.. Duduk depan kiri, dikira temennya sopir.. Duduk dibelakang, dibatin orang: wuih, ngga sopan, ngikut aja duduk dibelakang.. Bahkan kalo nyopirin mobil sport misalnya, pasti dibatin: wah, pasti lagi disuruh bossnya service mobil nich..

Lha paling parah jika pergi berdua sama istriku… Pasti orang mbatinnya:”ihhh.. Ibu itu ngga malu yaa, jalan ama sopirnya koq duduk depan.. Jangan2 malah pacaran ama sopirnya..”

Yeeees… That’s me laaaah…

17 thoughts on “‘Sopirku, Sahabatku..dan Potret diriku..’ (bagian akhir)

  • March 14, 2011 at 11:35 pm
    Permalink

    Mantap dab critane…terus nulis yes.

    Reply
  • March 15, 2011 at 1:25 am
    Permalink

    Sing penting lak rejekine berkah… lak iyes to?…:)

    Reply
  • March 26, 2011 at 5:09 pm
    Permalink

    kaji edan diganti wae ” sopir gendeng” kwkwk

    Reply
  • March 28, 2011 at 1:42 am
    Permalink

    mas Ony dari dulu emang ndagel tenaann… kayaknya orang ndagel itu marak ke rejeki banter ya mas…

    Reply
  • March 28, 2011 at 5:31 am
    Permalink

    keh..keh..keh..keh……sampe2 dikasi ibu henny Sutanto baju to, katanya oni kalau kesini bajunya ngak pernah ganti2, itu2 terus, tapi masih aja bisa ngeles je, alasanya punya satu lusin yg coraknya sama,,,,,,,,,,,,,

    Reply
    • March 25, 2014 at 6:39 am
      Permalink

      hahaha…dan kwi sampai saiki yeessss…
      nasiiiib…nasiiiib

      Reply
  • October 30, 2012 at 2:00 am
    Permalink

    hahahahahahahaha….baru tau ada gareng dan petruk….kabuuuur aaaaaaah

    Reply
  • May 13, 2014 at 10:52 am
    Permalink

    dianugerahi usus dowo merga sabar tur bisa menikmati romantika semacam itu. mas, sampeyan itu mendapat berkah yg luar bisa dari Allah. Semoga tansah pinanggih rahayu wilujeng…. amien

    Reply
  • May 13, 2014 at 11:07 am
    Permalink

    Kaya tukuul ya suhu….tampang ndeso rejeki kutooo…..yg penting berkahhh…peaceeee!!!!

    Reply
  • May 13, 2014 at 1:21 pm
    Permalink

    Menarik n Lucu,ya wies ndan di jalanin saja, karena sudah anugerahNya. Sipppp!

    Reply
  • May 13, 2014 at 7:55 pm
    Permalink

    hehehe….benarnya udah bukan rahasia umum & nggak gumun,dah gawan bayi kali ya….blum lama dipresmian student castle SPGnya justru nanya , siapa yg ngundang maaas..? untung sketika itu SPGnya nggak di antel juragan yess….tp kalo sy jd SPGnya mungkin sy akan bilang ; maaf botol aqua kosongnya blm boleh di ambilin mas ,acara blm selesai…..? hwahahaha… itu misteri , blm tentu kita bisa sesabar itu, itulah pelajaran bg yg melihat,membaca ato yg mendengarkan…

    Reply
  • May 13, 2014 at 9:13 pm
    Permalink

    Mas Onny, aku rasanya punya pemecahan yang jitu untuk masalahe panjenengan..sing sering dikira sopir…( Sembarangan tenan..Juragan jee..dikira sopir…mengheynna tenan…he he he…)..
    Carane mas…panjenengan kudu pesen kaos khusus ning Dagadu Jogja utawa Joger bali sing inti Tulisane kira2 sbb: Aku kii Juragan lho..dab.. dudu Sopir….tenan lho…sumpiih…aja ngasi disamber gledek……( Gambar kaose…mas.. ana wong gosong disamber gledek…he..he he..)
    Pesene sing okeh yaa mas dengan warna yang bermacam-macam…supaya nggo seminggu isa gonta-ganti warna kaos…dadi ora dikira mung nduwe kaos siji….he he he…
    Yen kaose turah…isa juga dikirim ning Lampung…aku ya ora nolak…qi qi qi…
    Anyway..Bytheway…Busway…iki mung gojeg lho mas…Memang rata2 orang Indonesia biasanya menilai seseorang hanya dr casing nya saja…jd..kesimpulannya casing nya hrs dimodifikasi…
    Mungkin ada baiknya…..yen arep tindakan..panjenengan hrs tampil lebih rapi n dandy….
    Tapi nek aku siiy luwih seneng …mas Onny yang sekarang…santai..bersahaja..dan apa adanya…ora usah kokehan peraturan…
    Dadi sing sabar yaa mas…yen isih sering dikira sopir…wong sabar biasane subur rejekine lan disayang karo gusti Allah sing nggawe urip….
    Be yourself mas…dan jangan lupa untuk selalu berbagi dengan orang2 disekitarmu..
    Luv you always bro…

    Reply
  • September 15, 2014 at 6:05 pm
    Permalink

    pancen mbakat srimulat sing pinter gawe hiburan dewe dengan mlekotho wong sing kakehan nggaya n pertingsing qiqiqi …

    Reply
  • December 9, 2014 at 7:28 pm
    Permalink

    Seperti itu lah yg dirasakan setiap hari orang yang serba kurang, dijalan di hina di diskriminasi sudah jadi kejadian tiap hari…jalan kaki ditrotoar aja di sruduk motor, apalagi masuk mall…toko buku besar…di lirik sinis dari sekuriti sampe manajernya…. Di perhatikan terus gerak geriknya takut mencuri….sampai sekarang saya masih merasakannya…. salut buat orang sekelas pak haji masih mau ikut merasakan apa yang orang-orang kurang beruntung rasakan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *